Rabu, 24 Desember 2014

Air Mancur Berkoh Purwokerto kini sudah mancur lagi...

Setiap hari saya berangkat-pulang kerja melewati bunderan air mancur Berkoh. Salah satu ikon Purwokerto yang sempat tak terurus. Kini, air mancur bunderan Berkoh sudah tampak cantik lagi. Air mancur yang mengelilingi tugu Adipura itu, dibenahi sejak tahun lalu ketika Bupati Banyumas Pak Ahmad Husen ingin merebut kembali piala Adipura sebagai lambang kebersihan dan keindahan suatu kota, setelah belasan tahun piala itu lepas dari Kabupaten Banyumas.

Dan di tahun 2014 ini, piala Adipura kembali bisa diraih oleh Kabupaten Banyumas. Kini Banyumas tidak lagi minder dengan kabupaten tetangga (Purbalingga) yang secara beruntun tiap tahun meraih Adipura. Tentu tidak hanya karena perbaikan air mancur ini sehingga Adipura bisa diraih. Tapi makna yang dalam dari air mancur ini adalah karena di tengah air mancur itu ada tugu lambang piala Adipura yang sempat belasan tahun 'hilang' dari Banyumas.

Letak sebenarnya di tengah-tengah proliman Pancurawis, yang menghubungkan Jalan Gerilya dengan Jalan Sudirman Timur, Jalan Suparjo Rustam arah ke RS Margono, Jalan ke arah Mersi dan Jalan Sunan Giri. Namun karena air mancur sendiri sudah menjadi nama yang sangat dikenal, maka bunderan itu lebih terkenal sebagai 'bunderan air mancur'. Memang hanya itulah air mancur satu-satunya yang ada di kota Purwokerto.

Sempat tidak terurus selama beberapa tahun, ditandai dengan air yang kotor, lumutan, tugu Adipura yang kusam, dan air mancur yang 'tdak mancur', bahkan sempat menjadi kolam pancing. Kini setelah direhab bak air dan 'kluwung'  bunderan-nya, sudah menampakkan keasriannya. Karena keindahanya itu pula, beberapa pasangan menjadikannya sebagai background foto pre wedding. Pasangan berdiri atau duduk di tembok kluwung air mancur, dengan pose mesra dan romantis, seromantis gerakan-gerakan air yang  terus memancar dan memancur ke arah tugu Adipura.

Di malam hari dengan lighting yang cerah, pancuran air nampak berkilau, dan jika angin bertiup, pancuran air akan bergoyang berliuk-liuk...kalau cuaca cerah, beberapa orang suka duduk-duduk di bunderan air mancur itu. Asyik juga ya...

photo: KLIKMG.COM photographer Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar