Selasa, 04 Desember 2012

Rute paling nyaman dan cepat perjalanan Purwokerto - Kendal

Kadang kita tidak tahu atau ragu-ragu rute perjalanan yang harus ditempuh untuk menuju suatu kota. Seperti perjalanan Purwokerto ke Kendal, rute mana yang paling nyaman dilalui dan relatif bisa lebih cepat? Kalau kita bertanya ke google maps, kita mendapat petunjuk beberapa alternatif rute, info jarak (km) dan waktu tempuh,  bahkan belokan-belokan (kanan/kiri) yang dilalui. Namun tidak menginformasikan kondisi jalan apakah mulus, lebar jalan, turunan dan tanjakan yang ada. Misalnya perjalanan dari Purwokerto ke Kendal, kota di sebelah barat Semarang di timur Pekalongan / Batang, rute mana yang paling nyaman dan cepat dilalui?

Nah untuk yang nantinya membutuhkan info ini, kali ini saya ingin berbagi pengalaman. Pada hari Senin (3/12/12) yang lalu dengan kendaraan pribadi pikiran yang pertama melintas adalah jalur Purwokerto-Purbalingga-Banjarnegara-Wonosobo-Parakan-Sukorejo-Weleri-Kendal. Kenapa? karena jalur tsb adalah jalur dengan jalan yang relatif lebar (kelas propinsi) dan setahu saya banyak truk / bus sedang melewati jalur tsb. Kalau menuruti rute yang disarankan google lewat Banjarnegara ke utara atau Wonosobo ke utara akan melawati jalan kelas 3 (kabupaten) yang lebih sempit dan pasti akan melawati banyak tikungan, tanjakan dan turunan karena melalui daerah pegunungan dekat Dieng.

Praktis dari Banjarnegara - Wonosobo - Parakan terus belok kiri ke Ngadirejo - Sukorejo sampai ke Weleri kita akan menemui banyak tikungan, tanjakan dan turunan. Apalagi dari Sukorejo turun ke Weleri banyak kita temui tikungan tajam. Saya berangkat jam 06.30 dari Purwokerto sampai Kendal jam 12-an dengan istirahat 2 kali untuk isi bahan bakar dan sarapan di rumah makan Bu Carik Parakan.

Karena rute melalui Parakan-Sukorejo yang banyak tikungan dan kalau malam hari pasti gelap karena melewati hutan, maka pulangnya saya putuskan ambil rute Kendal-Batang-Pekalongan-Pemalang-Randudongkal-Purbalingga-Purwokerto. Di rute ini -- dari Kendal sampai Pemalang -- kendaraan bisa melaju kencang karena jalur pantura yang terbagi dalam beberepa ruas jalur. Dari Pemalang belok kiri ke Randudongkal belum menemui tikungan tajam, namun dari Randudongkal sampai ke Karangmojo dan Bobotsari kita akan melalui banyak tanjakan, tikungan dan jalan agak menyempit. Namun melalui rute ini kita menemui lebih sedikit tikungan, tanjakan/turunan dibandingkan kalau kita melewati rute Banjarnegara-Wonosobo-Parakan-Weleri. Jadi perjalanan bisa lebih singkat. Dari Kendal berangkat jam 17.00 sampai Purwokerto jam 21.30 dengan istirahat dua kali di SPBU dan rumah makan untuk makan malam. Lebih cepat kurang lebih 1 jam ketimbang perjalanan berangkat.

Jadi bagi anda yang mau perjalanan dari Purwokerto ke Kendal atau kota-kota yang sejajar seperti Weleri, Batang, Pekalongan dan Pemalang -- atau sebaliknya -- saya sarankan melalui jalur Purwokerto-Purbalingga-Randudongkal-Pemalang-Pekalongan-Batang-Kendal. Kalau dengan angkutan umum (bus): Purwokerto-Pemalang, lalu pindah bus jurusan Semarang di terminal Pemalang. Untuk travel setahu saya dari Purwokerto hanya sampai ke Pekalongan (yang melalui Pemalang) atau Semarang (melalui Wonosobo-Temanggung) dan tidak ada yang melewati Kendal.

Demikian sekedar berbagi....