Sabtu, 08 Desember 2012

Belum ke Purbalingga kalau belum menikmati 'es duren kombinasi'

Untuk urusan kuliner khas Purbalingga bahkan kuliner khas Banyumas, es durian (Jawa: es duren) Pak Kasdi dengan nama depot 'Es Duren Kombinasi' boleh menjadi salah satu nominasi. Anda pencinta kuliner boleh dibilang belum ke kota Purbalingga kalau belum menikmati es durian Pak Kasdi, yang terletak di sebelah selatan jembatan Kali Klawing, di depan Kodim Purbalingga (tepatnya di depan Tugu Bancar yang terletak di sebelah utara Kodim). Dari alun-alun Purbalingga ke timur melewati dua perempatan lalu di depan Kodim belok kiri, nah sebelum jembatan Kali Klawing depot es durian berada di kiri jalan.

Ee durian "kombinasi" Pak Kasdi memang sudah terkenal. Teman-teman dari luar kota kalau mau ke Purwokerto atau Banyumas mesti menanyakan dimana minum es durian yang enak dan yang terkenal itu. Tamu dari luar kota pun yang pecinta kuliner, tidak lupa selalu harus diajak ke depot es durian Pak Kasdi ini.

Jangan heran kalau es durian ini selalu ada tersedia, baik kala musim durian maupun sedang tidak musim buah durian. Sekalipun di daerah Anda tidak ada penjual durian alias sedang tidak musim buah durian, namun di es durian kombinasi selalu ada saja es durian. Pak Kasdi selalu bisa mendatangkan buah durian dari luar kota melalui jaringan yang sudah dijalin sejak lama.

Usaha Pak Kasdi saat ini banyak yang meniru, namun es durian di depan Tugu Bancar ini tidak ada yang menandingi rasa khasnya. Dalam racikan es durian Pak Kasdi, daging buah durian disiram gula merah cair dan santan kelapa segar, ditambah serutan es batu hingga menggunung. Tak berhenti sampai disitu, gunungan es durian itu masih disiram susu kental manis dan sesendok cokelat panas. Hmmm... nyamy,, nyamy,,, mak nyess ditaburi aroma buah durian bercampur manis susu dan legitnya coklat.

Daftar harga es duren
Bagi yang menghindari durian, Pak Kasdi juga menyediakan es kelapa kopyor yang tak kalah enak... kopyornya terasa gurih. Juga ada es campur (e sbuah). Saat ini buka cabang di Purwokerto di depan GOR Satria Purwokerto dan di Purbalingga ada juga di dekat taman kota (eks pasar lama Purbalingga). Harganya? Saat saya terakhir ke sana awal Desember 2012 semangkuk es durian Rp. 12.000,-, es duren + kelapan kopyor Rp. 20.000,- es kelapa kopyor Rp. 10.000,- es campur Rp. 6.000,-


Suasana depot es duren Pak Kasdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar