Rabu, 25 Desember 2013

Ke Guci Tegal, ini rute yang harus ditempuh

Mau liburan ke obyek wisata pemandian air panas Guci Tegal Jawa Tengah? Mungkin Anda sedang bingung mana rute yang nyaman ke Guci. Berikut panduan yang mungkin bisa membantu Anda, berupa jalan alternatif ke Guci. Memang google map bisa membantu Anda, namun informasi kondisi jalan, tajam tidaknya tikungan, sepi ramainya tidak tersedia di situ.

Dari mana asal Anda? Kalau Anda dari Purwokerto, Cilacap, atau pesisir selatan Jawa Tengah rute yang disarankan adalah : Purwokerto/Cilacap - Ajibarang - Bumiayu. Dari Bumiayu ada alternatif sbb :

  • Rute Bumiayu - Linggapura (setelah pasar belok kanan) - Bumijawa - Guci
  • Rute Bumiayu - Prupuk - Margasari - Banjaranyar (pertigaan Banjaranyar lurus saja, jangan belok kiri ke Balapulang) - Kalibakung (belok kanan) - Bojong - Guci
  • Rute - Bumiayu - Prupuk - Margasari - Balapulang - Yomani (belok kanan di pertigaan Yomani) - Bojong - Guci
Kondisi jalan Linggapura - Bumijawa relatif sempit (kelas 3) dan banyak kerusakan di berbagai tempat, misalnya dari Balapusuh Kec Tonjong ke Cempaka yang naik cukup tajam dan kondisi jalan banyak lobang. Dari Banjaranyar lumayan bagus. Kendaraan jenis sedan tidak direkomendasikan lewat jalur ini, demikian pula bus/mkro bus karena lebar jalan sempit.

Untuk bus-bus pariwisata besar jalur rute yang direkomendasikan adalah lewat pertigaan Yomani Kecamatan Lebaksiu ke selatan.

Bila dari Cirebon/Kuningan Jawa Barat baiknya lewat Tegal  - Slawi - Lebaksiu - Yomani (belok kiri di Yomani) - Bojong - Guci. Demikian pula yang dari Pemalang / Pekalongan / Semarang baiknya lewat jalur ini. Sebenarnya bisa lewat Pemalang - Randu Dongkal - Moga - Guci, tapi akan memakan waktu lebih lama karena jalan lebih sempit dan banyak kelokan antara Pemalang - Randu Dongkal - Moga.

Bila Anda dari Puralingga atau Banjarnegara, sebaiknya melalui rute Purbalingga - Bobotsari - Belik - Moga - Guci. Dari Belik bisa melalui Randu Dongkal dulu atau melalui jalan pintas antara Belik - Randu Dongkal ada pertigaan ke kiri. Namun kalau bus besar tentunya harus lewat Randu Dongkal.

Oh ya....Guci terletak di kaki Gunung Slamet bagian Utara, dengan ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan air laut. Guci mempunyai udara yang sejuk dengan suhu sekitar 20 derajat celcius. Guci masuk kedalam wilayah administrasi Kecamatan Bumijawa, berjarak sekitar 30 km dari Slawi (ibukota Kabupaten Tegal). Anda bisa menikati pemandian air panas langsung di kali, kolam renang air panas, atau berjalan-jalan dengan kuda mengelilingi obyek kawasan hutan dengan pemandangan yang ciamik.

Semoga bermanfaat... dan selamat menikmati liburan bersama orang terdekat dan terkasih. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar