Sabtu, 28 Desember 2013

Purwokerto Mall berdiri, ini bangunan yang akan roboh dan menjadi kenangan

Purwokerto Mall
Pendirian Purwokerto Mall di Jalan Jenderal Sudirman yang membentang dari perempatan "Palma", antara jalan Sugiyono dan Jalan Jend Sudirman hingga ke gang kecil di sebelah barat Ruko eks bioskop Nusantara, akan menghilangkan bangunan-2 ruko di kompleks eks Stasiun Timur Purwokerto dan bangunan eks gudang pupuk PUSRI. Dengan bangunan yang berdiri di atas bekas rel kereta api yang menghubungkan gudang dengan stasiun besar Purwokerto.

Saat ini ruko eks stasiun timur menjadi pusat pertokoan yang kebanyakan menjual HP. Ada juga dealer motor, toko elektronik, toko jam, dan toko tas/sepatu. Namun yang dominan adalah toko HP. Bangunan tsb berdiri di atas lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Nah menurut kabar, yang membangun mall adalah PT KAI melalui anak perusahaannya PT KA Property Management dan akan menjadi pusat perbelanjaan (mal) terbesar di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Gudang Pusri - kini sudah tidak ada lagi


Area eks emplasemen stasiun Purwokerto Timur luas keseluruhannya mencapai 40.500 meter pesegi. Nilai investasi yang dibutuhkan nantinya diperkirakan mencapai hampir Rp 200 miliar, tepatnya Rp 194,7 miliar. Mal tersebut rencananya akan dilengkapi exhibition hall, tenant-tenant, exterior shop dan public area di lantai 1. Sedangkan lantai 2 akan dilengkapi food curt, exterior shop dan kidzone atau play ground. Wow!!!

toko stasiun timur Purwokerto - skyscrapcity.com
Kawasan keramaian bisnis baru ini akan dilengkapi area parkir seluas 5.400 meter pesegi, fasilitas umum seperti mushola, dan toilet serta taman seluas 3.800 meter pesegi.

Dikutip oleh berbagai situs berita, pembangunan area bisnis ini akan dilaksanakan dari sisi selatan dan tengah yang merupakan bangunan induk. Sehingga nantinya pertokoan yang sebelumnya sudah berada di stasiun Timur sisi utara Jalan Jenderal Sudirman tetap bisa melakukan aktivitasnya selama pembangunan mall berlangsung. Artinya sebelum menjadi lahan parkir, pertokoan itu masih beroperasi, sebelum akhirnya akan roboh dan menjadi kenangan.
Eks Fuji Image Plaza.. akan jadi kenangan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar