Sabtu, 04 Januari 2014

Rute mudah ke Curug Cipendok Cilongok Banyumas

Cipendok - Google Image
Banyak yang salah kaprah kalau obyek wisata air terjun (curug) Cipendok masuk wilayah Kecamatan Ajibarang. Padahal yang benar Curug Cipendok itu berada di desa Karangtengah, yang masuk dalam wilayah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Salah kaprah itu mungkin terjadi karena Ajibarang sebagai kota lebih besar dari Cilongok, atau bisa jadi karena Ajibarang adalah eks Kawedanan yang juga membawahi Cilongok.

Air terjun ini sudah terkenal sejak tahun 80-an. Dari Purwokerto berjarak kurang lebih 15 km ke arah barat, sedangkan dari Ajibarang memarng relatif lebih dekat, sekitar 7 km ke timur. 

Kalau dari Purwokerto ikuti saja jalan ke arah Tegal./Bumiayu, nah setelah kota kecamatan Cilongok ke arah barat di desa yang dikenal sebagai Losari ada pertigaan besar dan cukup ramai (sibuk). Anda harus belok kanan. Jangan khawatir di situ ada rambu penunjuk ke arah obyek wisata Cipendok. Nah kalau dari arah barat (Bumiayu/Tegal/Cirebon/Tasikmalaya bahkan dari Cilacap yang ada di selatan) maka Anda harus melewati Ajibarang kemudian dari Ajibarang ke arah timur, kurang lebih 7 km ketemu pertigaan Losari, Anda lalu berok kiri.

Jalan menuju curug Cipendok tidaklah terlalu susah. Hanya saja, belum ada angkutan umum resmi yang sampai ke sana, sehingga kalau  mengunjungi tempat itu harus dengan kendaraan pribadi atau sewaan.  Dari pertigaan ke curug Cipendok dengan jarak sekitar 8 km hingga pintu gerbang curug.   Kondisi jalan ini  cukup berkelok-kelok dan naik, namun kondisi jalan sudah beraspal semua dan ada penunjuk jalannya.

Sesampainya di pintu gerbang perjalanan diteruskan sekitar 1 km hingga tiba di lokasi area parkir.  Dan dari lokasi parkir ini untuk menuju ke Curug Cipendok perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 500 meter dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit. Lumayan juga jalan kaki ke "TKP" namun lelah dan letih segera sirna karena akan kita rasakan kesejukan udara lereng Gunung Slamet. Segar dan bebas polusi. Silahkan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar