Kamis, 24 Juli 2014

Alternatif rute ke Tegal dari Purwokerto, menghindari macet di Bumiayu - Klonengan Prupuk

Jalan Moga-Guci (foto Wignyo Hery Susanto)
Menjelang arus mudik lebaran 2014 ini, kondisi lalu lintas sudah dibuat macet parah oleh amblesnya jembatan Comal. Pengalihan jalur ke selatan melalui Tegal-Bumiayu-Purwokerto, atau Pemalang-Randudongkal-Purbalingga membuat jalur tengah yang menghubungkan pantura dan selatan Jawa ini beberapa kali lumpuh, seperti pada Sabtu (19/07) lalu. seorang kawan menempuh perjalanan Bumiayu - Brebes pada Sabtu itu dalam waktu 7 jam... pasti bete.

Tidak ada jalan atau jembatan ambles pun, jalur Bumiayu-Kolengan Prupuk saat arus mudik dipastikan macet. Seorang kawan yang akan berlebaran di Tegal bertanya, apakah ada rute lain ke Tegal dari Purwokerto menghindari macet di situ? Pada Sabtu atau Minggu besok (H-2 dan H-1) dipastikan pemudik dari Jakarta akan memadati jalur atau rute Brebes - Klonengan Prupuk - Bumiayu - Ajibarang. Kalau ke Tegal pada hari itu pasti akan berhadapan dengan ribuan kendaraan pembawa kaum migran itu.

Lalu baiknya lewat mana? Ada alternatif yang bisa ditempuh, yaitu melalui Purwokerto-Purbalingga-Bobotsari-Karangreja-Belik-Randudongkal-Moga, kemudian dari Moga bisa mengambil alternatif Moga-Guci-Bojong-Lebaksiu atau Moga-Jatinegara-Slawi. Pengalaman saya melewati jalur itu, maka secara jarak lebih dekat Moga-Jatinegara-Slawi, namun kondisi jalan sempiy dan rusak. Agak menjauh memutar ke barat (Guci) jalan lebih halus dan lebih lebar. Saya menempuh jalur ini ketika tanjakan Ciregol, Kutamendala, Tonjong ambles.

Jalur atau rute Randudongkal - Moga - Guci - Lebaksiu - Slawi halus dan terpelihara karena merupakan jalur wisata. Memang secara jarak menjaduh daripada melalui Ajibarang - Bumiayu - Prupuk. Namun kalau harus berjalan 'glesar-gleser' memasuki kota Bumiayu, jarak tempuh akan lebih singkat kalau melewati timur Gunung Slamet ini.

Hanya saja, saya mengingatkan, di Karangreja ada tanjakan yang cukup curam dan harus benar-benar berhati-hati, misalnya menjaga jarak dengan kendaraan besar di depan (khawatir tidak kuat menanjak), dan di Karangreja ini sering terjadi kecelakaan. Terakhir hari ini Kamis (24/7) ada bis turun dari arah utara mengalami rem blong dan melindas pengendara motor.

Anda yang dari Tegal atau Slawi kalau mau ke Purbalingga, Purwokerto atau Banjarnegara bisa pula melewati rute yang saya sebutkan di atas. Tegal-Slawi-Lebaksiu-Guci-Moga-Randudongkal-Belik-Karangreja-Bobotsari-Purbalingga.... dst mau ke Banjarnegara atau ke Purwokerto setelah sampai Purbalingga.

Namun tute ini saya sarankan apabila jalur Ajibarang-Bumiayu-Klonengan Prupuk benar-benar macet parah dan lumpuh. Jangan lupa aplikasi map di gadget Anda agar akurat dalam menempuh rute ini, dan tentunya awasi rambu-rambu penunjuk arah.

Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar