Sabtu, 28 Desember 2013

Mengapa Padamu Negeri jadi kata kunci top di Google

Saya iseng browsing-googling "apa kata kunci paling populer 'di mbah Google di 2013. Untuk tokoh terpampang nama-nama beken: Paul Walker, Fatin Shidqia Lubis dan Jokowi. Ini sebagaimana diberitakan antaranews.com yag memberitakan survey kata-kata kunci yang paling banyak dicari pengguna Internet Indonesia sepanjang 2013 menurut Zeitgeist Akhir Tahun Google.

Nah yang bikin penasaran adalah kata kunci 'Padamu Negeri" yang berada di tren pencarian teratas ranking 2. Semula saya bertanya apakah banyak orang Indonesia mencari syair lagu kebangsaan ciptaan Kubini itu? Selidik punya selidik, ternyata judul lagu yang selalu diputar oleh RRI usai siara berita itu menjadi nama website yang sering diakses para guru terkait tugas-tugas mereka. Situs ini dikelola Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan - Pengembangan Sumber Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidik, yang membuka Pusat Layanan Padamu Negeri (singkatan dari Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Silahkan klik link ini:  http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu/

Padamu Negeri juga ada di Facebook:   https://id-id.facebook.com/Padamu.Negeri.Indonesiaku 

Saya bukan guru, jadi tidak tahu persis singkatan-2 dan istilah-2 yang ada di web itu. Di facebook ada keterangan bahwa Padamu Negeri dibangun sebagai pusat layanan data terpadu yang bersumber dari/ke sistem transaksional BPSMPK-PMP Kemdikbud lainnya, meliputi: Evaluasi Diri Sekolah (EDS), NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), Sertifikasi PTK, dan Diklat PTK.

PADAMU NEGERI juga terbuka untuk menjadi salah satu layanan pusat sumber data bagi program-program terkait lainnya baik di lingkungan internal atau eksternal Kemdikbud.

Melalui PADAMU NEGERI ini, BPSDMPK-PMP berupaya mendorong terwujudnya program - program pembangunan untuk peningkatan Mutu Pendidikan Nasional baik di tingkat pusat dan daerah dengan terpadu yang berbasis pada data-data yang faktual, transparan, obyektif, akurat, akuntabel dan berkesinambungan.


Tren Kueri Teratas di Indonesia Tahun 2013 selangkapnya (top 10):
1. Paul Walker
2. Padamu Negeri
3. BBM for Android
4. CPNS 2013
5. Harlem Shake
6. Eyang Subur
7. Line
8. X Factor Indonesia
9. Tegar
10. Modoo Marble
Saya baru 'ngeh' setelah saya uthak athik "gathuk" dengan informasi dari para guru di TK/PAUD yang saya bertindak sebagai pengurus yayasan pengelola, kalau saat ini sekolah harus punya koneksi internet untuk pengiriman data, up date data, dlsb (saya tidak tahu detail teknis). Ditambah dengan sertifikasi yang diikuti oleh para guru, program-2 semua di-up date oleh Kemendikbud melalui web tersebut. 

Saya hanya membayangkan semua akan serba cepat dan efisien dengan kemajuan teknologi ini, dan otomatis mengurangi biaya-biaya pertemuan dan tentu saja biaya perjalanan karena sudah banyak keperluan bisa dilakukan secara on line.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar