Jumat, 16 November 2012

Makan buah sukun, buang air jadi lancar

Kamis sore (15/11/12) yang lalu teman saya bertamu ke rumah. Suasana agak mendung, isteri saya menyuguhkan teh hangat dan buah sukun goreng. Tumben nih ada sukun. Lama sekali tidak mengkonsumsi buah sukun yang buahnya bulat hijau mirip jeruk bali kalau sudah tua. Saat masih muda buah sukun seperti berduri. Dulu (medio 90-an) pernah tinggal di Cilacap di sebuah rumah yang halaman depannya luas dan ada dua pohon sukun di situ. Sampah daunnya bikin kesal karena tiap pagi daun-daun kering berserakan. Harus rajin menyapu tentu saja.

Bukan kali ini saja saya makan buah sukun. Baik digoreng, direbus (dikukus) maupun dibikin keripik. Namun yang dylu-dulu kok tidak merasakan langsung manfaat dan khasiat buah sukun ya... apakah karena masih muda dan sehat, dalam arti belum ada aneka penyakit di badan ini?

Tapi dalam dua hari ini isteri selalu menyajikan buah sukun, kadang digoreng kadang direbus (lebih tepatnya dikukus atau dalam istilah kampung saya dirawun). Saya sangat merasakan khasiatnya, terutama buang air besar jadi lebih lancar dan lebih terasa terbuang dengan bersih, seakan tidak ada kotoran yang tersisa di perut. Lendir pun tidak ada.

Lalu dari khasiat yang terbukti nyata ini saya browsing mencari pembenaran ilmiah atas apa yang saya rasakan. Dan apa yang ditulis oleh banyak orang di blog dan web-nya memang saya rasakan. Buah sukun kaya serat sehingga melancarkan pencernaan. Kaya karbohidrat namun rendah kalori sehingga cocok untuk penderita diabetis. Anda yang sedang diet menurutnkan berat badan jangan ragu makan buah sukun karena BAB anda akan lancar. Juga dikatakan cocok untuk para penderita penyakit liver, jantung dan ginjal.

Saya pernah punya kadar gula dalam darah tinggi di atas normal. Dan dalam setahun terakhir ini menghindari konsumsi gula, makan nasi cukup satu centong, banyak makan buah dan sayur serta rajin olah raga (yoga tiap Selasa dan Kamis pagi, bad minton Sabtu pagi, masih ditambah kadang-kadang sepedaan atau jalan pagi). Alhamdulillah gula kembali normal, berat badan turun sekitar 14 kg dalam setahun. Namun harus konsisten dalam pola makan untuk tetap mempertahankan kondisi. Dan dengan buah sukun ini kelihatannya akan cocok sebagai tambahan menu makanan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Buah sukun mudah dicari. Di pasar-pasar tradisional selalu ada buah sukun. Dan harganya pun murah. Rasanya empuk, halus seperti roti. Silahkan mencoba. Saya sudah membuktikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar